-->

Pendaftaran CPNS 2019 Segera Dibuka, Cermati Jadwal serta Cara Daftar CPNS 2019



Tips CPNS – Kali ini tipsCPNS.com akan berbagi infomasi seputar Pengumuman Info Lowongan CPNS, pendaftaran CPNS 2019, jumlah formasi CPNS 2019, Jadwal Pendaftaran CPNS 2019, langkah-langkah atau cara pendaftaran CPNS pada website SSCASN serta data-data atau dokumen apa saja yang perlu disiapkan untuk pendaftaran CPNS 2019.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah menyiapkan infrastruktur portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) dan pelaksanaan seleksi berbasis CAT BKN sebagai alat utama yang akan digunakan dalam rekrutmen CPNS tahun 2019.

 

BKN siap melaksanakan rekrutmen CPNS tahun 2019 dengan membuka formasi sebanyak 197.117 dengan rincian: 

Instansi Pusat sebanyak 37.854 formasi (74 K/L) dan Instansi Daerah sebanyak 159.257 formasi (467 Pemda). 

Ada dua jenis lowongan CPNS 2019 yang  akan dibuka yaitu formasi CPNS umum dan formasi CPNS khusus (cumlaude, diaspora, disabilitas, putra-putri Papua, serta formasi lainnya yang bersifat strategis di pusat).

Pengumuman pendaftaran CPNS direncanakan akan dilaksankan pada akhir bulan Oktober sampai November 2019, yang diawali dengan penetapan formasi CPNS 2019 untuk Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah. 

 

Jadwal Pelaksanaan Pendaftaran CPNS 2019:

Penyerahan formasi sudah berlangsung pada hari Kamis, (17/10/2019) di Jakarta. Pengumuman pendaftaran bakal dilanjutkan dengan pembukaan pendaftaran CPNS secara daring (online) pada November 2019.

Jadwal Pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS dilaksanakan pada Desember 2019 dan dilanjutkan dengan pengumuman jadwal tes CPNS dan calon peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada bulan Januari 2020 serta diikuti dengan pelaksanaan SKD pada Februari 2020. 

Hasil SKD akan diumumkan pada bulan Maret 2020 diikuti dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Integrasi kedua hasil tes SKD dan SKB diagendakan akan berlangsung pada bulan April 2020.

 

Berikut ini langkah-langkah atau cara pendaftaran CPNS pada portal SSCASN serta Data yang Perlu Disiapkan untuk Pendaftaran CPNS 2019:

Pada pendaftaran awal CPNS, calon peserta Tes CPNS 2019 wajib menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga. Calon pelamar hendaknya memastikan kedua data tersebut sudah tepat sesuai dengan data kependudukan di Dirjen Dukcapil Pusat sebelum melakukan pendaftaran.

Langkah-kangkah atau cara pendaftaran CPNS adalah sebagai berikut:

  1. Buka website SSCASN, klik https://sscasn.bkn.go.id
  2. Buat akun di SSCN 2019 2019 dengan menggunakan NIK dan nomor kartu
  3. keluarga atau NIK Kepala Keluarga
  4. Login ke https://sscasn.bkn.go.id dengan NIK dan password yang sudah didaftarkan
  5. Lengkapi biodata Anda
  6. Pilih formasi dan jabatan yang Anda inginkan, pastikan relevan dengan pendidikan Anda
  7. Lengkapi data dan dokumen yang disyaratkan, lalu upload dokumen tersebut
  8. Periksa resume, lalu print kartu pendaftaran
Pengumuman penerimaan CPNS secara resmi akan dipublikasikan di website dan medsos instansi penerima formasi CPNS dan juga di website SSCASN. Sebelum pengumuman pendaftaran online CPNS dibuka secara resmi pada bulan November, website SSCASN belum dapat diakses.

Untuk data-data atau dokumen apa saja yang perlu disiapkan dalam pendaftaran CPNS 2019 dapat dilihat di sini Dokumen yang Perlu Disiapkan untuk Pendaftaran CPNS 2019

Agar teman-teman dapat lebih mudah lulus murni Tes CPNS, berikut tempat persiapan Tes CPNS yang sudah terbukti meluluskan banyak CPNS jadi sanagat direkomendasikan:

1. BIMBEL CPNS

2. Pusat Pembahasan Soal-Soal CPNS

3. Latihan Soal CPNS


Selamat belajar, Semoga harapan teman-teman untuk Lulus jadi PNS tahun ini dapat Tercapai. Amiin...

Admin sangat senang dapat membantu teman-teman semuanya


Untuk berlangganan Update Artikel Terbaru, masukkan email kamu pada kolom berikut, Lalu klik tombol 'Berlangganan" Subscribe Now!

0 Response to "Pendaftaran CPNS 2019 Segera Dibuka, Cermati Jadwal serta Cara Daftar CPNS 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

->